Senin, 07 April 2008

Sakitku Absenku [Harusnya Posting Pertengahan Maret]

Tiga hari sebelum nyepi aku mengikuti upacara agama sebelum Nyepi, melis/melasti, ke pantai padang galak. Karena aku berangkat dari kos, aku harus pulang dulu ke UK. dalam perjalanan dari SWISS (Sekitar Wilayah Sesetan Sidakarya) menuju UK (Ubung Kaja) hujan gerimis tak henti-henti mengucur tubuhku. Karena lagi pake pakaian adat, ga seru ajah rasanya kalo pake mantel/jas hujan. Alhasil full hujanan dalam perjalanan.

Sesampainya di UK malah keadaan berbalik, tiba-tiba langit terang benerang. Bahkan ketika sampai di Padang galak malah terik sekali. Kepalaku sudah mulai pusing.

Keesokan harinya H-2 menuju nyepi, aku ikut 'ngedum', adat pembagian daging babi (maaf bagi yang mengharamkannya, tapi begitulah adanya) di tempatku. Badan sudah mencapai limitnya kayaknya. Hidung sudah mulai meler dan sangat-sangat capek.

H-1 menuju nyepi. Sembahyang di banjar masih bisa kulakukan. Bahkan pawai ogoh-ogoh bisa kuikuti sorenya, sebagai tukang foto. Semenjak aku pindah kos, para pemuda tidak dekat lagi denganku sehingga aku tidak diminta gotong ogoh-ogoh. Badanku sudah bilang "Ini sudah kelewatan".

Nyepi aku mulai meriang disusul sakit perut dan batuk-batuk. Nyepiku tidak sepi. Diteruskan sampai seminggu kemudian. Walaupun pas senen lalu aku sudah masuk kampus. Tapi badan masih dalam kondisi kacau dan belum menemukan ritme sehatnya. Sakit perut, pusing, panas dan batuk-batuk masih menghantuiku bahkan sampai sekarang.

Ketidakpastian yang menerpaku juga membuatku tambah kacau. Aku jadi mood-moodan. Kadang pengen ngajar, kadang males, bahkan sempat melupakan jadwal praktiku Pemrograman Basis Data. Baru nyadar ketika Rara'06 SMS. Efeknya juga ke blog. Ampe hari ini akhirnya baru sempat posting lagi, walo aku tau ga ada yang mungkin baca tapi lebih baik nulis daripada sakit.

Salam untuk semua dan hindari sakitmu hindari absenmu.

Tidak ada komentar: